Blade Runner 2049 – Pemburu Replicant

Ada yang sudah nonton film ini? Gimana pendapat kalian?

Yang kumaksudkan adalah film Blade Runner tahun 2017, bukan pendahulunya yang tahun 1982.

Film pendahulunya belum pernah ku tonton, mungkin itu sebabnya terasa banyak yang kurang disana sini. Terutama dari segi cerita.

Berkisah tentang Office KD6-3.7 (mudah-mudahan gak salah nama) yang diperankan oleh abang Ryan Gosling (itu tuh pemeran utama dalam The NoteBook), yang bertugas menjadi pemburu bagi para Replicant (manusia tiruan). Replicant yang diburu khusus yang seri lama. Karena seri lama dianggap tidak patuh dan menimbulkan kekerasan.

Kurang jelas disini mengapa dunia masa depan membutuhkan Replicant, apakah sudah tidak ada lagi manusia yang dapat diatur dan menciptakan kedamaian? Setting waktu 2049 juta terasa terlalu dekat dengan jaman saat ini, namun perubahan yang ditampilkan dalam film terlampau signifikan. Misalnya mobil terbang (okelah, mungkin 30 tahun lagi akan ada), istri virtual (well, sekarang juga mulai ada), dan bumi yang digambarkan begitu tandus gersang bahkan diceritakan manusia jaman itu sudah lama sekali tidak pernah melihat pohon, nah looh…

Officer K (yang juga seorang Replicant) akhirnya mengetahui sebuah peristiwa besar seiring dengan kasus yang ditanganinya. Ternyata seorang wanita Replicant pernah melahirkan (bernama Rachel), yang artinya ini akan membawa dampak luar biasa bagi dunia sains kala itu. Dari hasil penyelidikan penonton digiring dengan opini bahwa officer K-lah anak dari Rachel tersebut.

Penulis ataupun sutradara sepertinya ingin membuat Twist-Ending, namun gagal. Awalnya penonton menduga bahwa Officer K-lah anak yang selama ini dicari-cari. Namun belakangan muncul fakta baru bahwa anak tersebut bukanlah dia. Twist Plotnya gagal dan tidak terlalu berdampak signifikan untuk keseluruhan cerita.

Film berdurasi lebih dari dua setengah jam ini bisa dikatakan agak membosankan, berkali-kali aku dan beberapa penonton lainnya menguap sambil menatap layar. Jalan cerita terasa begitu lambat, adegan action juga kurang diekspor disini. Loveline, nyaris tidak ada kecuali antara Officer K dengan istri virtualnya. Thats it. Cuma itu.

Wallace sebagai antagonis utama dalam film ini, sama sekali kurang greget. Penonton menantikan akan apa nantinya yang dilakukan officer K terhadap Wallace sebagai pemimpin perusahaan pencipta Replicant. Di film ini sama sekali tidak dijelaskan, bahkan Luv (asisten Wallace) justru malah menjadi penjahat utamanya.

Banyak hal-hal lainnya yang masih menjadi misteri di film ini, mungkin sengaja disimpan untuk sekuelnya nanti. Mungkin.

Kalau menurut kalian gimana?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s